Sabtu, 28 Juli 2012

Muslim Thailand Serukan Bantu Muslim Rohingya

 Sejumlah massa melakukan aksi damai menyerukan penghentian penindasan etnis minoritas Rohingya di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (26/7). (Tahta Aidilla/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Pemimpin komunitas Muslim Thailand, Aziz Butakumpun, mengaku prihatin dengan apa yang dialami Muslim Rohingya. Namun, ia tidak bisa berkomentar banyak soal itu.
"Pengetahuan saya soal Muslim Rohingya terbatas. Yang pasti, kita harus membantu mereka," kata Butakumpun, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Kamis (26/7).

Butakumpun menyebutkan masalah Muslim Rohingya bukanlah hal baru. Namun, masalah tersebut sudah terjadi bertahun-tahun lamanya.
Butakumpun melihat pejabat Muslim Thailand di ASEAN telah berinisiatif membahas isu Rohingya dengan Menteri Luar Negeri Myanmar. "Insya Allah, apa yang terjadi di Myanmar tidak terjadi di Thailand," ucapnya.

Butakumpun mengatakan apa yang terjadi di wilayah tersebut tidak akan mengubah cara orang melihat umat Islam di Thailand dan cara umat Islam di Thailand melihat umat Buddha.
"Jadi, jangan katakan Thailand sebagai negara Buddhis akan melakukan hal yang sama dengan Myanmar," pungkas dia.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar